Pengertian Penyakit Crohn

images.jpgPengertian Penyakit Crohn – Penyakit Crohn adalah penyakit usus inflamasi seumur hidup (IBD). Bagian dari sistem pencernaan membengkak dan memiliki luka dalam yang disebut bisul. Penyakit Crohn biasanya ditemukan di bagian akhir usus kecil dan bagian pertama usus besar. Tapi bisa berkembang dimana saja di saluran pencernaan, mulai dari mulut ke anus.

Apa yang menyebabkan penyakit Crohn?

Dokter tidak tahu apa penyebab penyakit Crohn. Anda mungkin mendapatkannya saat sistem kekebalan tubuh memiliki respons abnormal terhadap bakteri normal di usus Anda. Bakteri dan virus lain mungkin juga berperan dalam menyebabkan penyakit ini.

Penyakit Crohn bisa terjadi pada keluarga. Kemungkinan Anda mendapatkannya lebih tinggi jika anggota keluarga dekat memilikinya. Orang-orang Eropa Timur (Ashkenazi) Latar belakang Yahudi mungkin memiliki kesempatan lebih tinggi untuk mendapatkan penyakit Crohn. Merokok juga menempatkan Anda pada risiko penyakit yang lebih tinggi.

Apa gejalanya?

Gejala utama penyakit Crohn adalah sakit perut dan diare (kadang dengan darah). Beberapa orang mungkin mengalami diare 10 sampai 20 kali sehari. Kehilangan berat badan tanpa mencoba adalah tanda umum lainnya. Gejala yang kurang umum termasuk luka mulut, penyumbatan usus, air mata anus (retakan), dan bukaan (fistula) antar organ tubuh.

Infeksi, perubahan hormonal, dan merokok dapat menyebabkan gejala Anda berkobar. Anda mungkin hanya memiliki gejala ringan atau pergi dalam jangka waktu lama tanpa gejala. Beberapa orang mengalami gejala yang terus-menerus dan parah.

Penting untuk menyadari tanda-tanda bahwa penyakit Crohn mungkin semakin parah. Segera hubungi dokter Anda jika Anda memiliki tanda-tanda ini:

  • Anda merasa pingsan atau memiliki denyut nadi cepat dan lemah.
  • Anda menderita sakit perut parah.
  • Anda demam atau menggigil kedinginan.
  • Anda muntah lagi dan lagi.

Bagaimana penyakit Crohn didiagnosis?

Dokter akan menanyakan gejala dan melakukan pemeriksaan fisik. Anda mungkin juga memiliki sinar-X dan tes laboratorium untuk mengetahui apakah Anda memiliki Crohn’s.

Pengujian yang mungkin dilakukan untuk mendiagnosa penyakit Crohn meliputi:

Sinar-X Barium usus halus atau usus besar.
Kolonoskopi atau sigmoidoskopi fleksibel. Dalam tes ini, dokter menggunakan tabung tipis dan terang untuk melihat ke dalam usus besar.
Biopsi. Dokter mengambil sampel jaringan dan mengujinya untuk mengetahui apakah Anda menderita Crohn atau penyakit lain, seperti kanker.
Analisis feses. Ini adalah tes untuk mencari darah dan tanda-tanda infeksi pada sampel tinja Anda.
Satu atau beberapa tes pencitraan, seperti CT scan atau MRI.

Bagaimana cara merawatnya?

Pengobatan Anda akan tergantung pada jenis gejala yang Anda miliki dan seberapa buruknya.

Ada beberapa langkah yang bisa Anda ambil untuk membantu diri Anda merasa lebih baik. Bawa obatmu seperti yang diperintahkan doktermu. Berolahraga, dan makan makanan sehat. Jangan merokok Merokok membuat penyakit Crohn semakin parah. baca juga : cara mengobati crohn

Pengobatan yang paling umum untuk penyakit Crohn adalah obat-obatan. Gejala ringan penyakit Crohn dapat diobati dengan obat bebas untuk menghentikan diare. Tapi bicarakan dengan dokter Anda sebelum Anda memakainya, karena bisa menimbulkan efek samping. baca juga : QnC Jelly Gamat

Anda mungkin juga menggunakan obat resep. Mereka membantu mengendalikan peradangan di usus dan menjaga agar penyakit tidak menyebabkan gejala. (Bila Anda tidak memiliki gejala, Anda remisi.) Obat-obatan ini juga membantu menyembuhkan jaringan yang rusak dan bisa menunda kebutuhan pembedahan.

Penyakit Crohn membuat tubuh Anda sulit menyerap nutrisi dari makanan. Sebuah rencana makan yang berfokus pada makanan berkalori tinggi dan berprotein tinggi dapat membantu Anda mendapatkan nutrisi yang Anda butuhkan. Makan dengan cara ini mungkin akan lebih mudah jika Anda memiliki makanan biasa ditambah dua atau tiga makanan ringan setiap hari.

Bagaimana Anda mengatasi penyakit Crohn?

Memiliki penyakit Crohn bisa membuat stres. Penyakit ini mempengaruhi setiap bagian kehidupan Anda. Carilah dukungan dari keluarga dan teman untuk membantu Anda mengatasinya. Dapatkan konseling jika Anda membutuhkannya.

Banyak orang dengan penyakit radang usus terlihat pada pengobatan alternatif untuk meningkatkan kesejahteraan mereka. Perawatan ini belum terbukti efektif untuk penyakit Crohn, namun bisa membantu Anda mengatasi penyakit ini. Mereka termasuk pijat, suplemen seperti vitamin D dan B12, dan herbal seperti ginseng.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s